Walikota Helmi Hasan Ganti Nama Jalan Regional Air Sebakul Jadi Jalan Mayor TNI.H Boerhan Dahri

Bengkulu,Beritarafflesia.com – Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi beserta jajaran Pemerintah kota Bengkulu resmikan perubahan nama Jalan regional Air Sebakul berubah menjadi jalan Mayor (TNI) H Boerhan Dahri. 

Adanya dengan perubahan nama ini, karena Mayor (TNI) H Boerhan Dahri merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah Provinsi Bengkulu. Atas jasa dan dedikasinya, Provinsi turut berkembang pesat pada zamannya. Pemkot ingin menghargai dan mengucapkan terimakasih dengan berbagai jasanya dan memberikan penamaan jalan tersebut dengan namanya (Mayor TNI Boerhan Dahri).

Nama Jalan Regional Air Sebakul Resmi Berubah Menjadi Jalan Mayor (TNI) H Boerhan Dahri.

Mayor (TNI) H Boerhan Dahri merupakan pria yang lahir di Tais, Bengkulu Selatan pada 28 Mei 1924 ini pernah menjabat sebagai komandan batalion XXVII di Bengkulu (1945-1950). Setelah itu, ia juga pernah menjadi Kepala BRN Residen Bengkulu (1950-1960). Dan penghargaan terakhirnya ialah Satya Lencana Legiun Veteran RI (1989).

Baca Juga  Tancap Gas, Walikota Helmi Langsung Serahkan Dokumen DED Tahap II Kota Tuo ke Kementerian PUPR

Dan ia juga tercatat menjadi Bupati Rejang Lebong (1959-1964) dan Bupati Bengkulu Utara (1971-1978), serta menjadi Anggota DPRD Bengkulu (1982-1987). 

Proses telah dilakukan oleh beberapa OPD terkait, mulai dari meminta restu keluarga (ahli waris), menyiapkan segala dokumen hingga sosialisasi ke masyarakat atas perubahan nama jalan. Bahkan, Pemkot juga menjamin masyarakat dengan mempermudah urusan adminduk di Dukcapil ketika nama jalan resmi berubah.

Warga Berterimakasih Kepada Pemkot Karena Jalan Tersebut Telah Mulus

Ketua RT 21 Oktoyo Basarudin mewakili seluruh warga Kelurahan Pekan Sabtu, mengaku siap mendukung atas perubahan nama dan mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Bengkulu yang telah membuat jalan tersebut mulus.

“Kami forum komunikasi RT dan seluruh masyarakat Pekan Sabtu berterimakasih banyak kepada Pemkot yang telah mengambil alih jalan ini dan kita juga mendukung perubahan nama ini. Mudah-mudahan kepemimpinan yang dimotori Helmi Hasan dan Dedy Wahyudi Kota Bengkulu lebih mantap lagi,” ucapnya.

Baca Juga  Wawali : Batik Besurek Jangan Kaku, Tapi Jangan Hilangkan Ciri Khasnya

Selanjutnya, Oktoyo menceritakan waktu jalan belum diambil oleh Pemkot Bengkulu. masyarakat protes karena banyaknya lubang dan sering terjadi tragedi kecelakaan.

“Ya, dulu masyarakat protes karena jalan ini berlubang. Kita tanami pohon pisang sebagai tanda protesnya dan disana kita juga bingung siapa yang akan membangun jalan tersebut. Alhamdulillah Pemkot Bengkulu mengambil alih jalan ini dari provinsi dan membuat jalan ini mulus. Kami sangat berterimakasih,” tutur Ketua RT 21.

Peresmian Nama Jalan Mayor (TNI) H Boerhan Dahri.

Walikota Helmi mengatakan, ia sangat berterimakasih kepada para pahlawan/tokoh Bengkulu yang turut memajukan Bengkulu. Untuk itu, ia sengaja menyematkan nama Mayor (TNI) Boerhan Dahri sebagai salah satu nama di jalan Kota Bengkulu.

“Alhamdulillah ya jalan ini sudah kita berikan nama Mayor (TNI) Boerhan Dahri. Apa maksudnya, agar anak-anak generasi penerus bangsa jangan lupa akan sejarah. Karena orang-orang tua kita itu sudah punya banyak jasa. Jadi jangan lupakan mereka, hormati dan muliakan mereka, kita bisa berdiri tegak disini karena mereka juga,” jelas Helmi.

Baca Juga  Walikota Helmi Hasan Targetkan Perda Pengelolaan Air Limbah Domestik

Kemudian, sang anak dari Alm Mayor (TNI) Boerhan Dahri atas nama Evarini mengaku sangat senang nama orangtuanya disematkan di salah satu nama jalan di Kota Bengkulu.

“Saya sangat senang sekali nama bapak saya disematkan menjadi nama jalan. Mudah-mudahan jalan ini bisa membawa kebahagiaan di tengah masyarakat,” kata Eva.

Dengan rasa bersyukurnya, Ia juga mendoakan Walikota, Wawali beserta jajaran dinaungi keberkahan oleh Allah SWT dan dapat terus berbuat lebih banyak kebaikan kedepannya.(wfa)

Share

Tinggalkan Balasan