Program Six In One dan Three In One Dukcapil Kota Bengkulu Terbukti Permudah Administrasi Masyarakat

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu terus berinovasi untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat dalam hal pengurusan Administrasi Kependudukan (Adminduk) salah satunya dengan program Six In One dan Three In One.

Pada tahun 2023 program Six In One dan Three In One telah mendapatkan juara 1 lomba inovasi program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Baca Juga  Tingkatkan Kedisiplinan dan Kinerja ASN dan THL, DPK Provinsi Gelar Apel Pagi

Dijelaskan Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Drs. Widodo, program Six In One ini merupakan program untuk pasangan baru. Pada saat acara resepsi pernikahan pasangan ini akan menerima 6 dokumen langsung dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu.

“Yang diserahkan itu seperti, KTP, KK, Perubahan Status, buku nikah. Kita juga sudah bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA),” kata Widodo, Kamis (22/2/2024).

Baca Juga  Harumkan Nama UINfas Bengkulu,Ramdi Raih Juara Satu Tingkat  Nasional 

Lebih lanjut ia menjelaskan, Dukcapil langsung memverifikasi data pasangan itu seminggu sebelum acara pernikahan dilangsungkan. Maka ketika sudah diserahkan langsung dapat bermanfaat

“Jadi ketika dia mau kredit rumah, kredit bank sudah bisa langsung digunakan dan pengurusan dokumen kependudukan itu gratis,” cetusnya.

Sedangkan, Program Three In One ini merupakan pengurusan akta kematian. Penyerahan Perubahan status KK,KTP dan akta kematian ini dilaksanakan pada Takziah malam ketiga.

Baca Juga  Tinjau Langsung Bangunan SMKN 3 Pasca Kebakaran,Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Pastikan ada Pembangunan Ruang Kelas Baru

“Kita ingin memastikan warga kota Bengkulu yang meninggal administrasinya terlaporkan, sehingga ini menjawab persoalan yang sering kita dengar orang yang sudah meninggal namun masih terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT),” pungkasnya.(BR1)adv

Share

Tinggalkan Balasan