BPS Release Angka Inflasi Kota Bengkulu Terupdate

BPS Release Angka Inflasi Kota Bengkulu Terupdate

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu melaksanakan rilis Berita Resmi Statistik (BRS) terkait Indeks Harga Konsumen (IHK) atau Inflasi, Nilai Tukar Petani (NTP), Perkembangan Statistik Ekspor-Impor dan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Berbintang dan Statistik Transportasi, di Aula BPS Provinsi Bengkulu, Senin (3/6/2024).

Kepala BPS Provinsi Bengkulu Win Rizal didampingi Kepala BPS Kota Bengkulu Marwansyah mengatakan bahwa untuk inflasi di Kota Bengkulu mengalami sedikit kenaikkan terhadap bulanan yakni dari April hingga Mei 2024. Pada April 2024 angka inflasi di angka 0,16 persen, sedangkan untuk Mei mengalami kenaikkan 0,27 persen.

Baca Juga  Walikota Helmi Ajak Masyarakat Lebih Melek Hukum Melalui Program Penyuluhan

Pada Mei 2024 kelompok makanan, minuman dan tembakau memberikan andil inflasi sebesar 0,10 persen. Sementara itu, kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan memberikan andil deflasi sebesar 0,03 persen.

“Angka tersebut masih sementara ya, jadi kita berharap semua pihak bisa bekerja sama untuk menekan angka inflasi tersebut menjadi sekecil mungkin,” ungkap Win Rizal.

Baca Juga  Baznas-Pemerintah Terus Berupaya Salurkan Makanan Tambahan ke Balita Terindikasi Stunting

Ditambahkan Win Rizal, terkait perkembangan inflasi dari tahun ke tahun di Kota Bengkulu juga mengalami kenaikan. Pada Mei 2023 angka inflasi Kota Bengkulu sebesar 3,57 persen, Sedangkan pada Mei 2024 sebesar 3,61 persen.

Baca Juga  PJ  Walikota Tekankan Kedisiplinan Seluruh Jajaran Pemkot Bengkulu

“Jadi untuk andil inflasi mei 2024 tahun ke tahun kota bengkulu untuk kelompok makanan, minuman dan tembakau memberikan andil inflasi sebesar 2,31 persen. Terus untuk kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga memberikan andil deflasi sebesar 0,03 persen,” tutupnya.(BR1)

Share