Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Gerebek Sawah Kelompok Tani di Lubuk Tebat Mukomuko

Mukomuko, Beritarrafflesia.com.-Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu Menggerebek sawah milik kelompok Tani Lubuk Tebat, Desa Ranah Karya, Kecamatan Lubuk Pinang, Kabupaten Mukomuko, Senin (30/09/2024).

Gerebek sawah merupakan program yang tengah dijalankan oleh DTPHP Provinsi Bengkulu pada tahun ini, dengan tujuan menyebarkan informasi mengenai pertanian dan menjemput aspirasi petani. 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pjs Bupati Mukomuko, M. Rizon, S.Hut. M.Si yang kebetulan merupakan Kepala DTPHP Provinsi Bengkulu. 

Adapun tujuan dari kegiatan gerebek ini, dalam rangka diseminasi informasi atau penyebarluasan informasi mengenai teknis, sosial, ekonomi, dan inovasi pertanian. 

Baca Juga  Seluruh Kepala Daerah se Provinsi Bengkulu Diminta Komitmen Bersama Tekan Penyebaran Covid-19

“Melalui program grebek sawah, DTPHP Provinsi bersama Dinas Pertanian Kabupaten menyampaikan informasi terkait ilmu-ilmu baru dibidang pertanian, khususnya pangan. Baik dari aspek teknis, sosial ekonomi, maupun inovasi baru yang sedang dikembangkan,” ujar Rizon.

Kemudian, selain sebagai wadah menyebarkan informasi secara langsung kepada petani, gerebek sawah juga bertujuan menjemput aspirasi petani. 

Petani juga bisa menyampaikan kendala dan kebutuhan dalam mengelola lahan pertanian, baik itu kebutuhan benih, alat mesin pertanian, pupuk, pengendalian hama – penyakit, termasuk prasarana seperti irigasi dan pompanisasi air. 

Baca Juga  Direktur RSUD Evaluasi Pelayanan Pasien Covid-19

” Dinas TPHP Provinsi  Bengkulu berkomunikasi langsung dengan petani, Bisa mendengar dan menampung aspirasi secara langsung, Selanjutnya, apa yang menjadi harapan petani kita carikan solusi sesuai kewenangan,” papar  Rizon. 

“Dan, tidak menutup kemungkinan, dari gerebek sawah ini, ada inovasi pertanian yang dilakukan petani, termasuk di Mukomuko bisa dikembangkan di Provinsi Bengkulu,” imbuhnya. 

Rizon berharap, para petani termasuk penyuluh untuk serius mengikuti materi yang disampaikan pihak DTPHP Provinsi Bengkulu dan Dinas Pertanian Mukomuko. 

Rizon juga mengatakan agar petani tidak ragu menyampaikan keluhan dan kendala selama menggarap lahan pertanian pangan. 

Baca Juga  Giat Polsek Teras Terunjam, Umumkan Vaksinasi Pihak Kecematan Dan Perangkat Desa

Dalam sambutan dan arahnya saat membuka acara, Pjs Bupati, Rizon menekankan, ketahanan pangan merupakan kedaulatan negara.

Maka, peran petani sangat penting bagi mengisi sendi-sendi kehidupan bernegara. 

“Maka, sebetulnya, petani ini merupakan pahlawan, mengingat pentingnya ketahanan pangan bagi sebuah negara,” ucap Rizon. 

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, Pjs Bupati sekaligus Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu menyalurkan bantuan mesin semprot kepada petani.

Sebelumnya DTPHP Bengkulu juga telah menyalurkan Alsintan combine atau mesin panen padi kepada kelompok tani di Kecamatan Lubuk Pinang. (NH)

Share