Isu ada Potensi Gempa Megathrust, Nelayan Bengkulu Akui Cemas

Isu ada Potensi Gempa Megathrust, Nelayan Bengkulu Akui Cemas

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) baru-baru ini mengeluarkan peringatan mengenai potensi gempa megathrust di wilayah Bengkulu khususnya pada daerah yang dekat dengan pesisir pantai. Peringatan ini dikeluarkan sebagaimana untuk mengantisipasi terjadinya gempa yang kemungkinan mampu memicu ancaman tsunami besar. 

Baca Juga  Dibalik Cerita Agusrin-Imron Menang Gugatan di Bawaslu: Murid Kalahkan Guru

Tak menutup kemungkinan terhadap kecemasan dan kekhawatiran warga terhadap isu tersebut. Namun, warga maupun nelayan yang berada disekitar kawasan pesisir pantai mengaku sudah terbiasa dengan kejadian gempa yang relatif sering terjadi di Bengkulu. 

“Kami si sudah biasa dengar berita gempa seperti itu, jadi kami melakukan kegiatan seperti kegiatan biasa sehari-harinya terutama nelayan. Tapi kalau ditanya soal cemas apa nggak ya  ya kami cemas,” ungkap Safira (22/8/2024). 

Baca Juga  Wagub Rosjonsyah Harapkan Kades Bersama BPD Dapat Bersinergi Membangun Pemdes Yang Lebih Baik

Warga hanya menganggap isu gempa adalah hal yang biasa, namun megathurst cukup menarik perhatian. Namun, dari pihak pemerintah daerah sendiri sudah mengimbau agar tidak panik, karena hal itu baru bersifat prediksi.

Baca Juga  Indeks KIP Bengkulu Berhasil Peroleh Lima Besar Nasional, 8,9 Persen 2022

Dari BMKG juga terus memantau dan memberi informasi yang akurat dan up-to-date secara berkala. Informasi ini dapat diketahui masyarakat melalui laman atau aplikasi BMKG.(Br1)

Share