Kopi Konak Wangi dan Guri Hasil Produksi SMAN 1 Kepahiang

Kopi Konak Wangi dan Guri, Produksi SMN 1 Kepahiang.

Kepahiang, Beritarafflesia.com.- Keberadaan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1  terletak di kawasan jalan Hutan Wisata Konak Pasar Ujung Kabupaten Kepahiang., SMAN 1 ini  telah banyak meraih prestasi baik di bidang akademik ataupun ekskul di tingkat propinsi dan nasional.

Terlebih lagi SMAN 1 Kepahiang juga terkenal dengan kreativitas siswa-siswi yang memiliki kecerdasan di bidang kewirausahaan salah satunya adalah produk Kopi Konak. Hal.ini juga telah di akui Guru pembimbing di bidang kewirausahaan Ibu Syahmawati, SE. Pada Senin. (31/10/2022)

“Usaha bermula dari Kelompok Usaha Sekolah (KUS) SMAN 1 Kepahiang, yang merintis dari siswa-siswa yang di bimbing oleh guru kewirausahan, awalmulanya memproduksi Stik Bayam kemudian ditambah dengan produk Stik Lemea dan memproduksi Kopi Konak yang menjadi Produk Unggulan.

“Sekarang kopi konak banyak di minati masyarakat baik di kepahiang sendiri ataupun di luar daerah dipasarkan hingga ke pulau jawa khususnya di bandung, kamipun memasarkan melalui mini market, shopee, medsos dan ketoko langsung dangan harga yang sangat terjangkau,”. Ujar Syahmawati.

“Ditambahkan kepala sekolah SMAN 1 Kepahiang Andri Heryanto, M.Pd. Kopi Konak mempunyai cita rasa khas dan aroma yang sangat wangi terbukti rekanan saya atau tamu yang datang berkunjung ke SMANSA Kepahiang setelah mencicipi (diminum) Kopi Konak ini selalu mengatakan ‘Mantap pak Andri’ sayapun menjelaskan karena biji kopi yang di produksi hasil dari kopi yang sudah matang di pohon serta kopi pilihan dan dikelola sangat teliti ungkap saya ke rekanan yang telah merasakan kopi konak yang saya sajikan,” Jelasnya

Kopi konak selain rasa dan kualitas yang di jamin, bidang kewirausahaan yang di asuh guru pembimbing serta siswa SMAN 1 Kepahiang selalu berusaha meningkatkan mutu, memperbanyak varian cita rasa dan memperluas pemasaran, saat ini kemasan 200 gram di jual Rp. 12.500,- untuk wilayah kepahiang dan sekitarnya.(Doni)