Memperingati Sumpah Pemuda, PJ Walikota Ajak Seluruh Pemuda Bangkit dan Bersatu Untuk Majukan Bangsa dan Negara

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di kawasan Kota Merah Putih, Sabtu (28/10).

Penjabat (Pj) Walikota Bengkulu Arif Gunadi bertindak sebagai Inspektur Upacara, yang dihadiri unsur Forkopimda, TNI, Polri, Pimpinan OPD, Ormas dan mahasiswa serta pelajar.

Pada kesempatan ini, Pj Walikota membacakan amanah dari Menpora Dito Ariotedjo. Salah satu poinnya yakni mengajak para pemuda mempunyai visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.

Baca Juga  Antisipasi Musibah Saat Lebaran,BPBD Kota Bengkulu Buka Posko Penjagaan
Memperingati Sumpah Pemuda, PJ Walikota Ajak Seluruh Pemuda Bangkit dan Bersatu Untuk Majukan Bangsa dan Negara

Terkait hal ini, Arif juga mengajak para pemuda di Kota Bengkulu bangkit dan bersatu dengan melakukan inovasi-inovasi dan kreativitas demi kemajuan bangsa dan negara.

Hal ini juga sejalan dengan amanat Menpora tersebut bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 yang mengusung tema “Bersatu Membangun Bangsa”, harus bisa mendorong seluruh elemen masyarakat, terutama para pemuda untuk membangun daerahnya masing-masing.

Baca Juga  Tak Hanya Soal Ijazah, Aksi Balap Liarpun Warga Minta Bantuan Walikota Helmi-Dedy

“Kita menghimbau kepada seluruh pemuda di Kota Bengkulu agar dapat mengisi aktivitasnya dengan hal-hal positif yang bermanfaat dan tolong hindari kegiatan negatif yang bisa merugikan diri sendiri, orang tua maupun bangsa,” ungkap Arif.

Memperingati Sumpah Pemuda, PJ Walikota Ajak Seluruh Pemuda Bangkit dan Bersatu Untuk Majukan Bangsa dan Negara

Ia meyakini pemuda di Kota Bengkulu dapat berpartisipasi mendukung perubahan dalam lingkungan masyarakat, baik secara nasional maupun daerah untuk membangun bangsa.

Seperti kita ketahui, pemuda merupakan kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan sebagai perwujudan fungsi, peran, karakteristik, dan kedudukan strategis dalam pembangunan nasional. Untuk itu, tanggung jawab dan peran strategis pemuda dalam semua dimensi pembangunan perlu ditingkatkan.

Baca Juga  Bawaslu Menduga Pelanggaran calon Walkot Bengkulu bagikan sembako Sebelum Masa Kampaye

Oleh karena itu, peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa, apa dan bagaimana seharusnya pemuda berperan sebagai kunci atau penerus bangsa Indonesia.

Peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa memiliki beberapa peran yang harus dilakukan oleh pemuda. Beberapa peran tersebut antara lain yakni sebagai agen perubahan, agen pembangunan dan lainnya.(BR1)

Share

Tinggalkan Balasan