Pemkab Bengkulu Tengah Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Kemendagri

Pemkab Bengkulu Tengah Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Kemendagri

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah, melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Eka Nurmeini, S.E., M.Pd, bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bengkulu Tengah, turut serta dalam Rapat Koordinasi (Rakor) mingguan yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Rakor ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom di Ruang Rapat Bupati, pada Selasa (3/09/2024).

Rapat koordinasi ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. Selain dihadiri oleh para pimpinan kementerian, gubernur, bupati, dan walikota se-Indonesia, rakor tersebut juga diikuti oleh berbagai lembaga pemerintah terkait.

Baca Juga  Hadiri Paripurna HUT ke 13 Benteng Wagub Rosjonsyah Ajak Masyarakat Patuhi Prokes

Dalam agenda ini, Mendagri Tito Karnavian menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengatasi laju inflasi yang semakin menjadi perhatian di berbagai wilayah Indonesia. Mengingat pengendalian inflasi merupakan salah satu prioritas pemerintah untuk menjaga stabilitas ekonomi, Tito juga memberikan arahan kepada seluruh peserta rapat untuk terus memantau harga kebutuhan pokok di wilayah masing-masing serta melakukan intervensi yang diperlukan guna mencegah lonjakan harga yang dapat merugikan masyarakat.

Baca Juga  DPRD Benteng Gelar Paripurna Agenda Program Pembentukan Propemperda

Rakor ini menjadi forum penting bagi seluruh kepala daerah untuk saling bertukar informasi dan solusi dalam menghadapi tantangan ekonomi, terutama terkait inflasi. Pemerintah daerah diharapkan mampu menjaga pasokan bahan pangan serta menstabilkan harga dengan melakukan kerjasama lintas sektor.

Selain itu, Tito juga menekankan pentingnya menjaga ketersediaan stok pangan di tingkat daerah, khususnya dalam menghadapi musim paceklik dan cuaca ekstrem yang dapat memengaruhi produksi pertanian. Kebijakan distribusi bahan pangan dan penguatan cadangan pangan daerah menjadi salah satu fokus yang dibahas dalam rakor ini.

Baca Juga  DPRD Benteng Sambut 2 usulan, Raperda PPNS Dan Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Bengkulu Tengah, Eka Nurmeini, menyampaikan bahwa pemerintah daerah akan terus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan program pengendalian inflasi berjalan sesuai dengan arahan yang diberikan oleh pemerintah pusat. Ia juga menambahkan bahwa sinergi yang kuat antara pemerintah daerah dan pusat sangat dibutuhkan untuk menjaga kesejahteraan masyarakat.

Rakor mingguan ini merupakan salah satu upaya konkret pemerintah dalam mengatasi tantangan inflasi yang dihadapi oleh berbagai daerah di Indonesia, termasuk Kabupaten Bengkulu Tengah.(Br1)

Share