Pemkot Mendata Ulang Jumlah Warga Tidak Mampu Di Kota Bengkulu

Bengkulu,Beritarafflesia.com –  Data kemiskinan di Kota Bengkulu akan diupgrade oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Sosial (Dinsos).

Dinsos akan mendata ulang jumlah warga miskin. Guna pendataan ini untuk mengetahui jumlah pasti warga yang masih masuk dalam kategori warga tidak mampu atau pra sejahtera.

Keterangan dari Plt Kadis Dinsos Riza Emilia, pendataan ulang jumlah rumah tangga miskin ini akan melibatkan kelurahan. Dan jika mengacu data rumah tangga miskin atau pra sejahtera di kota yang saat ini ialah diintervensi melalui program pemerintah seperti PKH.

Baca Juga  PJ Walikota Bengkulu Hadiri Rakor Dalam Rangka Kesiapan Pelaksanaan dan Pengamanan pemilu 2024

Kemungkinan akan ada 11 ribu keluarga yang menjadi peserta nantinya, tapi kemungkinan data warga tidak mampu ini akan berkurang karena sejumlah faktor, mulai dari warga yang sudah pindah domisili, sudah meninggal dunia atau sudah terlepas dari status warga pra sejahtera.

Baca Juga  PPKM Diperpanjang Hingga 2 Agustus, Tujuan Wali kota Bengkulu Mulia Untuk Melindungi Masyarakat dari Covid-19

Plt Kadis Dinsos Riza Emilia mengatakan, data yang menerima bantuan akan diverifikasi lagi, Selasa (23/8/2022).

“Data-data yang menerima bantuan yang sudah ada ini akan diverifikasi lagi di tingkat kelurahan. Kalau nanti seandainya kita udah beda data itu sepertinya ada pengurangan sebabnya nantikan kita lihat dulu nanti kriterianya,” kata Riza.

Baca Juga  Hijaukan Bumi Merah Putih, Helmi Hasan Ikut Serta Tanamkan Bibit Pohon Serentak

Selanjutnya, ada beberapa komponen dalam menilai kriteria warga yang menerima bantuan sebagai warga miskin atau pra sejahtera mulai dari tingkat pendapatan di bawah 600 ribu/bulan, luas lantai bangunan kurang dari 8 meter persegi/orang, menggunakan kayu bakar untuk memasak hingga hanya mengkonsumsi daging ayam, telur, dan susu satu kali dalam seminggu.

Share

Tinggalkan Balasan