Sefty: Kain Besurek Bagian Integral Identitas Masyarakat Bengkulu

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu Sefty Yuslinah, memberikan pandangan positif terhadap pengembangan dan pelestarian Kain Besurek, warisan budaya khas Bengkulu.

Sefty menegaskan bahwa Kain Besurek memiliki nilai historis dan seni yang tinggi serta menjadi bagian integral dari identitas budaya masyarakat Bengkulu.

“Kain Besurek bukan hanya sekedar kain, melainkan warisan budaya yang membawa cerita dan makna mendalam. Kami akan mendukung upaya pelestarian dan pengembangan Kain Besurek sebagai bagian dari warisan budaya yang harus dijaga,” ujar Sefty (27/11).

Baca Juga  Pemprov Bengkulu Pacu Penurunan Angka Kemiskinan Ekstrem

Wakil Ketua Komisi IV ini menyoroti pentingnya memberikan dukungan kepada para pengrajin dan pelaku industri kreatif yang terlibat dalam produksi Kain Besurek. Mendukung pengembangan pelatihan keterampilan, bantuan teknis, dan peluang pemasaran untuk memastikan keberlanjutan produksi Kain Besurek. Ini menjadi langkah strategis untuk mendukung perekonomian lokal.

Baca Juga  Sekdaprov Hamka: Jadikan Momentum Hari Jalan dan Hari Bhakti PUPR ke 77 Pembangunan Lebih Baik ke Depan

Sefty juga menekankan pentingnya memasukkan unsur lokal dalam pengembangan Kain Besurek.

“Melibatkan komunitas lokal dalam proses produksi akan memastikan bahwa setiap potongan kain memiliki nilai artistik dan tradisional yang kuat. Dengan demikian, Kain Besurek tidak hanya menjadi produk komersial, tetapi juga membawa nilai-nilai lokal yang melekat,”

Baca Juga  Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Paparkan Kumpulkan  Aspirasi Masyarakat Pada Masa Persidangan Akhir Tahun 2023

“Semoha Kain Besurek dapat terus berkembang sebagai produk budaya yang bernilai tinggi, memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat Bengkulu, dan memperkaya warisan budaya daerah,” pungkasnya.(BR1)adv

Share

Tinggalkan Balasan