Teuku Zulkarnaina Gerak Cepat Jemput Lansia Lumpuh Terlantar di Kota Bengkulu

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Wujudkan visi-misi Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu religius dan bahagia, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnaina gerak cepat membantu warga yang membutuhkan.

Gerak cepat yang dilakukan Teuku setelah mendapatkan laporan warga di Kelurahan Pasar Bengkulu yang menyebutkan ada warga lanjut usia bernama Rizkan Azhari (71) asal Kelurahan Rawa Makmur, Kecamatan Muara bangkahulu yang tinggal sendiri digubuk.

“Ada laporan warga terkait pasien lanjut usia yang sakit lumpuh dan terlantar. Selama ini ada warga-warga sekitar dan Pak RT yang memberi makan (bantuan seadanya), akan tetapi tentu bantuan tersebut terbatas. Oleh karena itu memang harus Pemerintah kemudian ikut andil.” kata Teuku saat turun mengecek langsung kondisi pasien bersama dinas terkait, Jumat (19/05/2023) pagi.

Bersama Lurah, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bengkulu, Teuku menjelaskan hadirnya pemerintah atas pasien lumpuh tersebut karena menurut keterangan warga sekitar bahwa diterlantarkan oleh pihak keluarga dan ini nanti pasein akan kita urus di Rumah Singgah.

“Saya hadir bersama Lurah dan Dinsos Kota Bengkulu agar supaya pasien lansia lumpuh dan tak terawat ini ditangani dengan baik. Alhamdulillah sudah ditangani dan akan dirawat terlebih dahulu di Rumah Singgah, kalau kesehatannya sudah membaik kemudian nanti selanjutnya akan kita rawat ke Panti Jompo,” jelas Teuku.

Teuku yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bengkulu ini menjelaskan hadirnya pemerintah karena menurut keterangan warga sekitar bahwa pasien ini memiliki keluarga akan tetapi tidak diurus, adapun pihak keluarga hanya mengecek sekali-sekali dengan hanya memberikan makanan.

“Menurut keterangan warga sekitar dan Pak RT yang mengurus pasien bahwa pihak keluarga ada di Kota Bengkulu tetapi kurang peduli, kemudian warga yang mengurusnya bergantian secara bergotong-royong akan tetapi tentu bantuan ini terbatas. Maka inilah Pemerintah hadir,” ucap Teuku yang dihadir bersama warga sekitar.

Ditempat yang sama tetangga pasien lumpuh, Sudirman menjelaskan awalnya pasien ini tinggal di RT atas dengan kondisi terlantar kemudian tinggallah di gubuk ini, sebelumnya gubuk ini belum sebagus ini lalu kemudian kami bergotong-royong untuk membenahi.

“Rizkan Azhari ini dulunya bukan tinggal disini, karena ia diterlantar barulah tinggal digubuk ini, yang dulunya masih terbuka dan kemudian kami bersama warga lain bergotong-royong untuk membuat gubuk ini menjadi layak ditinggali,” jelasnya.

Tak hanya itu lanjutnya, dengan kondisi Rizkan Azhari yang lumpuh saat ini, terkadang makan dan minumnya tak teratur, maka kami bersama warga yang lain secara bergantian memberinya makanan dan minum. Dan kami juga mengaliri listrik agar ada penerangan.

“Kami secara bergantian memberinya makan dan minum. Pihak keluarga sebenarnya masih ada di Kota Bengkulu, tetapi hanya sekali-kali mengecek Rizkan Azhari dengan menggunakan mobil mewah, cuma hanya memberinya makan dan minum,” katanya.

Dengan gerak cepat Pemkota Bengkulu bersama Anggota DPRD Kota Bengkulu, ia sebagai warga sekaligus tetangga Rizkan Azhari sangat berterimakasih sudah membantu dan akan merawat warga yang membutuhkan ditambah lagi warga yang lumpuh tak terawat.

“Kami sebagai warga sekaligus tetangga Rizkan Azhari sangat berterimakasih kepada Pemerintah dan Anggota Dewan yang sudah ingin membantu warganya yang membutuhkan seperti Rizkan Azhari yang lanjut usia dan lumpuh tak terawat.” ucapnya.(BR1)adv