Pj Walikota Hadiri Serta Buka Acara Finalisasi Asesmen PIMA dan MFSA

Pj Walikota Hadiri Serta Buka Acara Finalisasi Asesmen PIMA dan MFSA

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Bertempat di Grage Hotel, Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi menghadiri sekaligus membuka acara Finalisasi Asesmen Public Investment Management Assessment (PIMA) dan Municipal Finance Self Assessment (MFSA) pada kegiatan City Development Planning dan Project Management Capacity Development (CDP-PMCD) National Urban Development Project (NUDP), Kamis (29/8/2024).

Turut mendampingi Pj walikota Kepala Bappeda Medi Febriansyah dan Kepala BPKAD Yudi Susanda. Acara ini dihadiri juga Analis Kebijakan Ahli Muda pada Direktorat Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jiwa Muhammad Satria.

Baca Juga  Anton Hilman Tunjuk 2 Pengacara Menghadapi Kasatker PJN I Di PTUN

Arif dalam sambutannya mengatakan, harapan hasil dari asesment ini tentunya ke depan lebih dapat meningkatkan kapasitas kota mulai dari aspek pemerintah daerah, aspek pembangunan, pengelolaan keuangan daerah sampai dengan pelaksanaan pembangunan di Kota Bengkulu.

“Kemudian harapan kita juga dari finalisasi asesmen ini, dalam proses pembangunan lima tahun ke depan ini kita bisa menentukan target berdasarkan real kapasitas kota,” kata Arif.

Baca Juga  Targetkan Raih Predikat Swasti Saba Wistara, Pemkot Bengkulu Deklarasikan SBS

Arif juga atas nama Pemkot Bengkulu juga sampaikan terima kasih kepada tim dari direktorat jenderal pembangunan daerah yang melaksanakan kegiatan PIMA dan berharap kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik sehingga pada akhirnya akan mendapatkan hasil berkaitan dengan kerangka ekonomi pemerintah dan penguatan SDM di pemkot Bengkulu.

Arif mengakui memang pemkot dalam pembangunan sangat tergantung dengan dana transfer daerah dari pusat. Sebab kalau hanya mengandalkan PAD maka sangat sulit bagi pemda untuk melakukan pembangunan di berbagai sektor.

Baca Juga  Kadis Koprasi Ikut Andil Gaungkan Program HD Oto

“Maka melalui finalisasi asesmen ini kita bisa melihat bagaimana kerangka ekonomi dan melaksanakan pembangunan sesuai dengan RPJPD dan RPJMD yang sudah kita susun. Pemkot akan mengikuti apa yang menjadi hasil dari asesmen ini nanti,” sampai Arif.

Analis Kebijakan Ahli Muda pada Direktorat Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jiwa Muhammad Satria saat diwawancarai menjelaskan kegiatan finalisasi asesmen ini prinsipnya untuk melihat kapasi.(BR1)

Share