Pemkot Imbau Masyarakat Waspada dan Kenali Cacar Monyet

Pemkot Imbau Masyarakat Waspada dan Kenali Cacar Monyet

Bengkulu, Beritarafflesia.Com– Saat angka kasus pandemi COVID-19 terus menurun di seluruh dunia bahkan menghilang, WHO kembali menerima laporan mengenai kasus penyakit cacar monyet dari negara-negara non-endemik. World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia telah menetapkan penyakit cacar monyet sebagai darurat kesehatan dunia pada 14 Agustus 2024 lalu.

Cacar monyet atau monkeypox sendiri adalah penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi serius pada sistem saraf dan meninggalkan dampak jangka panjang pada kesehatan. Meskipun tingkat kematian cacar monyet relatif rendah, penyakit ini tetap perlu diwaspadai.

Baca Juga  Dalam Seminggu, Dua Tunawisma Meninggal di Tempat Umum Kota Bengkulu

Berkenaan hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk kembali menerapkan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penyebaran cacar monyet.

Profesi yang dapat dilakukan masyarakat seperti dengan menggunakan masker, mencuci tangan, mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi.

Kemudian hindari kontak dengan hewan yang dapat menjadi reservoir virus, hindari kontak dengan bahan apapun (tempat tidur yang bersentuhan dengan hewan sakit), masak daging dengan benar dan matang.

Baca Juga  Dewan Kota Desak Pemkot Bengkulu Tindak Tegas Karaoke ATT Jika Perizinan Tidak Lengkap

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Joni Haryadi Thabrani mengatakan, berbagai upaya pencegahan harus dilakukan secara konsisten agar Kota Bengkulu tetap dalam kondisi yang aman dan sehat.

Lanjut Joni, penerapan promkes yang dilakukan secara berkala sangat penting untuk menjaga kondusifitas di tengah masyarakat serta dapat mencegah penyebaran virus cacar monyet.

Baca Juga  Usai Sertijab, Ketua DWP Kota Bengkulu Terpilih Paparkan Visi-Misi

Setelah itu, Joni juga meminta agar seluruh masyarakat tetap tenang dan tidak panik terkait penyebaran virus cacar monyet tersebut.

Cukup memahami ciri-ciri virus tersebut yang mirip dengan flu biasa seperti mengalami demam, menggigil, dan kelelahan.

Biasanya, 1 hingga 3 hari setelah mengalami gejala awal, pengidap cacar monyet akan mengalami ruam.

Ruam tersebut bisa muncul di beberapa bagian tubuh, seperti wajah, tangan, kaki, mulut, area genital, hingga pada area mata.(Br1)

Share