Dinkes Rejang Lebong Siapkan 300 Macam Jenis Obat-Obatan

Rejang Lebong,Beritarafflesia.com- Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini menyiapkan 300 macam jenis obat-obatan untuk keperluan 21 puskesmas di wilayah itu agar warga yang berobat bisa mendapatkan obat yang sesuai.
Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Rejang Lebong Asri didampingi Kasi Farmasi Fransiska PutriyaniĀ di Rejang Lebong, Senin, mengatakan obat-obatan yang disiapkan berasalĀ  dari pengadaan dengan sumber dana dari dana alokasi khusus (DAK) dari Kementerian Kesehatan 2023.

Baca Juga  Sebar Foto ā€˜Hotā€™ Mantan Pacar ke Teman, Pemuda Sumbar Ditangkap Polisi

“Stok obat-obatan Dinas Kesehatan Rejang Lebong saat ini sudah disiapkan untuk kebutuhan sepanjang tahun 2023 hingga pertengahan 2024,” kata dia.

Dia menjelaskan stok obat-obatan tersebut terdiri dari berbagai jenis obat-obatan juga termasuk bahan medis habis pakai atau BMHP seperti alkohol, “hand sanitizer”, masker dan lainnya.

Stok obat-obatan itu sendiri, kata dia, tersimpan di gudang Farmasi Dinas Kesehatan Rejang Lebong dan jika ada puskesmas yang mengajukan permintaan penambahan stok karena sudah habis maka akan segera mereka kirimkan.
Dari ratusan jenis macam obat-obatan ini yang paling banyak digunakan 21 puskesmas di Rejang Lebong adalah jenis paracetamol, obat batuk, obat gula darah dan obat kolesterol.

Baca Juga  Pelaku Setubuhi Anak Tiri Hingga 20 Kali, Pria di Rejang Lebong Diamankan Polisi

Sementara itu untuk memastikan obat-obatan ini tidak sampai kedaluwarsa dilakukan pemeriksaan secara rutin oleh pihaknya dan jika sudah kedaluwarsa maka akan dikembalikan kepada pedagangĀ  besar farmasi (PBF) tempat pengadaannya.

“Tiga bulan barangnya sebelum kedaluwarsa sudah kita pisahkan, dan segera kita hubungi pihak PBF dan sebisa mungkin untuk dikembalikan. Setiap satu bulan sekali stok yang ada ini kita lakukan pemeriksaan jumlah stok dan batas kedaluwarsa,” terangnya. (budi)

Share

Tinggalkan Balasan