BPBD Kota Bengkulu Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Curah hujan yang cukup tinggi selama beberapa hari terakhir mengakibatkan banjir sementara di beberapa wilayah dekat kawasan Pantai Panjang, Kota Bengkulu. Meski begitu, banjir tersebut tidak berlangsung lama, dan genangan air segera surut karena durasi hujan yang tidak terlalu lama.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu, Will Hopi, melaporkan bahwa tim BPBD segera diterjunkan untuk melakukan survei ke lokasi terdampak. Hasil survei menemukan bahwa banjir disebabkan oleh penyumbatan di beberapa saluran air akibat akumulasi pasir dari pasang air laut.

Baca Juga  Kegiatan Acara Apel Pagi, Reward Dari Walikota Yang Dilkukan Pegawai (OPD)  2023

“Kami menemukan bahwa penyumbatan ini terjadi karena adanya akumulasi pasir yang terbawa pasang air laut, sehingga menghambat aliran air di saluran-saluran tersebut,” ungkap Will Hopi dalam wawancaranya.

Namun, Hopi mengakui BPBD Kota Bengkulu menghadapi kendala dalam menangani pembersihan saluran air, terutama karena keterbatasan alat berat. Oleh karena itu, pihaknya meminta bantuan dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk menangani tumpukan pasir tersebut.

Baca Juga  Diskominfo Kota Bengkulu Lakukan Penandatanganan Pakta Integritas Internal

“Kami terkendala alat berat untuk membersihkan pasir yang menumpuk di saluran air, sehingga kami memerlukan bantuan dari Dinas PU,” tambahnya.

Selain itu, BPBD Kota Bengkulu telah menyiagakan personel yang berjaga selama 24 jam di beberapa titik rawan banjir sebagai langkah antisipasi. Meski demikian, Will Hopi mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap cuaca yang masih tidak menentu.

Baca Juga  Pemprov Optimalkan Pemberdayaan "Warkop Digital" Untuk Mendorong Pegiat UMKM di Bengkulu

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah mengeluarkan peringatan dini tentang potensi cuaca ekstrem di wilayah Bengkulu dan sekitarnya. Diperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan melanda beberapa daerah, terutama di kawasan pesisir.

Dengan adanya peringatan ini, masyarakat diharapkan lebih berhati-hati dan waspada terhadap potensi bencana akibat cuaca ekstrem yang mungkin terjadi dalam beberapa hari ke depan.(Br1)

Share