Kepala BPBD Imbau Warga Aktif Cegah Banjir

Kepala BPBD Imbau Warga Aktif Cegah Banjir

 Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu Willhopi mengimbau masyarakat untuk rutin membersihkan saluran air di sekitar lingkungan rumah mereka guna mencegah terjadinya banjir.

Dalam upaya mencegah bencana banjir yang mengancam, BPBD menekankan pentingnya melakukan pembersihan saluran air secara berkala di sekitar rumah.

Ini bertujuan agar aliran air tidak terhambat, mengurangi potensi banjir, serta mencegah pencemaran air yang dapat menimbulkan bau tak sedap dan berbagai penyakit.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bengkulu, Will Hopi, menyatakan bahwa kota ini sedang menghadapi cuaca ekstrem sejak bulan April dan diprediksi akan mencapai puncaknya pada bulan Juni kini.

Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap tingginya curah hujan.

“Kita minta masyarakat waspada terhadap cuaca ekstrem kali ini, terutama dalam menjaga kebersihan saluran-saluran air di sekitar rumah mereka. Kami juga meminta bantuan warga, terutama para pengurus RT, RW, dan kelurahan, untuk selalu memantau tingginya curah hujan,” ujar Will Hopi, Rabu (19/6/2024).

Nantinya, dalam rangka mengantisipasi dampak dari banjir, BPBD Kota Bengkulu juga akan menyiapkan posko darurat sebagai tempat pengungsian bagi masyarakat yang terdampak. Langkah ini sebagai bentuk respons cepat terhadap ancaman bencana yang mungkin terjadi.

“Beberapa personel kita siapkan, alat-alat seperti perahu dan lainnya juga disiagakan,” pungkasnya.(Br1)