Maju Jalur Independen, Dempo Xler Gandeng Bang Ken Menuju Pilgub 2024

Maju Jalur Independen, Dempo Xler Gandeng Bang Ken Menuju Pilgub 2024

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Bakal Calon Gubernur Dempo Xler pada kontestasi Pemilihan Gubernur dan Gubernur Bengkulu pada Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang  bersama Bakal Calon Wakil Gubernur Ahmad Kanedi  menyatakan  siap mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu melalui jalur perseorangan atau independen.

Apalagi, pertemuan antara keluarga Dempo Xler dan keluarga Bang Ken sudah dilakukan hari Kamis, 9 Mei 2024 malam.

Dikatakan Bang Ken, meskipun dirinya lebih senior dari Dempo Xler, namun dirinya siap mendampingi Dempo Xler untuk ikut kompetisi Pilgub Bengkulu 2024. Karena Bang Ken melihat sosok Dempo Xler merupakan pemuda yang visioner dan enerjik.

“Seperti kita ketahui, saya lebih senior dari Bung Dempo. Tapi saya menyadari pemuda yang visioner dan enerjik ini harus didampingi untuk mewujudkan Bengkulu ini semakin maju kedepannya,” sampai Bang Ken usai pertemuan antara keluarga Dempo Xler dan keluarga Bang Ken pada Kamis, 9 Mei 2024 malam.

Selanjutnya menurut Bang Ken, sudah saatnya pemuda -pemuda terbaik Bengkulu untuk memimpin. Sehingga para politisi senior mendampingi perjuangan pemuda membangun daerah.

“Suatu tugas kehormatan untuk menjadi bagian di dalam meneruskan kepemimpinan di Provinsi Bengkulu ini, in shaa Allah Bung Dempo sebagai gubernur dan wakil gubernur Bang Ken,” tuturnya.

Sementara itu Dempo Xler menyatakan, pilihannya kepada Ahmad Kanedi karena untuk  menjadi wakil Gubernurnya menurutnya Bang Ken  sudah berpengalaman. Ia pernah menjabat Walikota Bengkulu, dan ia juga berpengalaman di  kancah politik Nasional menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah Rakyat Indonesia (DPD RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Bengkulu.

DOK; foto bersama 2 keluarga dempo xler dan ahmad kenedi

“Bang Ken ini adalah senior. Dia juga sangat berpengalaman. Baik di daerah atau secara Nasional. Ia pernah terpilih sebagai Walikota Bengkulu periode 2007-2012, dan ia juga sebagai anggota DPD RI periode 2014-2019,” kata Dempo

Dempo juga menjelaskan niatnya untuk pencalonan sebagai Gubernur Bengkulu 2024-2029 dimulai sejak tahun 2 tahun yang lalu. Tepatnya pada tahun 2022. Artinya, niat untuk mencalonkan sebagai Gubernur Bengkulu bukan timbul saat menjelang pemilihan kepala daerah 2024 ini.

“Ikhtiar saya untuk mencalonkan sebagai Gubernur Provinsi Bengkulu dimulai sejak dari 1 Januari 2022 (2 tahun yang lalu). Saya awali  dengan shalat hajat dan shalat taubat kepada Tuhan Yang Maha Esa, tentang langkah politik untuk mengangkat derajat dan martabat anak cucu generasi Provinsi Bengkulu,” tegas Dempo.

Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu tersebut merupakan sosok yang tepat. Mereka dipercaya mampu membuat perubahan yang signifikan untuk Provinsi Bengkulu.

Keduanya memiliki banyak pengalaman di dunia politik. Seperti Ahmad Kanedi atau sering disapa Bang Ken, merupakan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI  dua periode .

Sebelum menjadi Anggota DPD RI, Bang Ken pertama kali memulai karirnya di dunia politik tahun 1999. Bang Ken terpilih menjadi Anggota DPRD Provinsi Bengkulu periode 1999-2022. Kemudian pada tahun 2007 putra daerah yang lahir di Desa Masmambang, Kecamatan Talo, Kabupaten Seluma ini, terpilih menjadi  Wali Kota Bengkulu ke-13 masa jabatan 2007–2012. 

Sedangkan Bakal Calon Gubernur Dempo Xler, yang merupakan representasi dari anak muda, merupakan pemuda yang visioner dan enerjik. Meskipun partainya hanya mampu mengantarkan dua kursi di DPRD Provinsi Bengkulu pada Pemilu  2014 – 2019, namun Dempo Xler mampu  menjabat sebagai Ketua Komisi IV dan saat ini menjadi Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Bengkulu. (BR1)