Pemkab Mukomuko Rintis Cabang Perguruan Tinggi untuk Masyarakat Ekonomi Rendah

Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko Abdiyanto.

Mukomuko, Beritarafflesia.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, merintis cabang perguruan tinggi bagi masyarakat di daerah ini yang ingin melanjutkan pendidikan tetapi tidak memiliki kemampuan secara ekonomi.

“Itu sudah kita mulai, bahkan kita sudah bersurat ke Universitas Bengkulu (Unib) dalam rangka merintis cabang universitas di daerah ini,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko Abdiyanto di Mukomuko, Minggu (24/3/2024)

Ia mengatakan hal itu menanggapi masukan dari Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang mendorong pemda mendirikan minimal satu perguruan tinggi bagi masyarakat di daerah ini.

Gubernur Bengkulu mendorong Pemkab Mukomuko mendirikan perguruan tinggi karena yang bersangkutan menerima masukan dari tokoh masyarakat Kabupaten Mukomuko.

Abdiyanto mengatakan, pihaknya bersurat ke Unib sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Bengkulu karena sekarang ada program studi di luar kampus utama (PSDKU).

“Kita menyuratinya dulu supaya mereka membuka cabang, kalau mereka setuju tentu ada MoU antara rektor dengan bupati,” ujarnya.

Ia mengatakan, pemkab merintis cabang perguruan tinggi di daerah yang berada sejauh 270 kilometer sebelah utara Kota Bengkulu itu guna memaksimalkan pelayanan pendidikan bagi masyarakat di daerah ini.

“Kita berikan kepada warga yang seharusnya warga kita kuliah di Bengkulu cukup kuliah di Mukomuko melalui PSDKU,” ujarnya.(BR1)