Bupati Mukomuko Sapuan, Sebut PLN akan perkuat kelistrikan di Mukomuko

Bupati Mukomuko Sapuan.

Mukomuko, Beritarafflesia.com- Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Sapuan menyebutkan PLN akan mengganti peralatan-peralatan mereka yang sudah lama dengan yang baru untuk memperkuat sistem kelistrikan di daerah ini.

“Informasi yang kami dapat hasil koordinasi dengan pihak PLN, perusahaan ini secara gradual bertahap mengganti peralatan-peralatan mereka yang sudah lama dengan yang baru,” kata Bupati Mukomuko Sapuan, di Mukomuko, Jumat (29/3/2024).

Ia mengatakan, sebenarnya listrik bagian kebutuhan dasar masyarakat khususnya daerah ini, dan perlu diketahui ibu-ibu di rumah butuh listrik.

Untuk itu, pihak PLN mengganti peralatan yang lama dengan yang baru, sehingga peralatan yang ada nanti tidak mudah rusak apabila terjadi bencana yang membuat adanya pemutusan listrik dan arus pendek listrik.

“Inilah yang lagi mereka benahi, kemudian ini cepat terlaksana dalam waktu dekat ini,” ujarnya pula.

Sementara dari kesediaan daya sendiri, katanya lagi, sebenarnya daya listrik di daerah ini sudah termasuk besar yang dipasang sebesar 60 kVA.

“Kalau kita bicara kemampuan daerah kita, karena pemakaian kita hari ini di Mukomuko hanya 16 megawatt,” ujarnya lagi.

Ia mengatakan, tetapi memang hasil rapat koordinasi terakhir pemda dengan PLN khusus Daerah Pemilihan (Dapil) Mukomuko tiga yang meliputi lima kecamatan, mereka meminta untuk memperkuat sistem.

“Pembangkit listrik dapil tiga karena jauh dari induknya sehingga tegangan dan arus menjadi tidak stabil, kalau dapil satu dan dua idealnya tidak begitu lagi kecuali mereka mengganti infrastruktur yang ada sekarang,” ujarnya.

Untuk itu, katanya pula, pemda menggandeng dan investor tersebut sudah ditemukan dengan PLN pusat dan mereka memberi restu untuk membangun pembangkit listrik di dapil tiga.

Pembangkit listrik yang dimaksud, katanya, pembangkit listrik yang selaras dengan program pemerintah, yakni listrik dari green energi atau energi hijau.(BR1)