Gubernur Bengkulu Rohidin: Pemudik bisa gunakan BPJS Kesehatan saat di Bengkulu

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Bengkulu, Beritarafflesia.com- Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan para pemudik yang membutuhkan perawatan kesehatan saat berada di provinsi berjuluk Bumi Rafflesia itu bisa menggunakan layanan BPJS kesehatan mereka.

“Kami memastikan seluruh layanan BPJS Kesehatan berlaku, baik untuk seluruh masyarakat Bengkulu maupun masyarakat yang mudik ke Bengkulu,” kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Kamis (4/4/2024).

Menurut dia upaya tersebut dilakukan agar seluruh masyarakat dan pemudik tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal selama periode arus mudik, lebaran dan arus balik Idul Fitri 2024 ini.

“Kami berupaya supaya bisa dilayani dengan BPJS Kesehatan dengan Bengkulu sudah UHC 99,98 persen di 2024 ini, kata Gubernur Rohidin.

Dengan upaya tersebut menurut Gubernur Rohidin tidak ada lagi alasan masyarakat maupun pemudik tidak terlayani saat butuh perawatan kesehatan pada periode lebaran ini.

Dia juga meminta agar seluruh fasilitas kesehatan memberikan pelayanan optimal pada masyarakat dan pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan baik layanan mandiri maupun menggunakan BPJS Kesehatan.

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan capaian Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kesehatan semesta Provinsi Bengkulu telah mencapai 99,98 persen.

Rohidin mengatakan capaian kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Provinsi Bengkulu sudah berada di atas cakupan kesehatan semesta.

“Sudah di atas UHC. Oleh karena itu saya minta kepada fasilitas pelayanan kesehatan untuk memastikan jangan sampai ada keluhan lagi, kewajiban kami untuk mendaftarkan semua warga kami kan sudah terpenuhi bahkan melebih target,” kata Gubernur Rohidin.

Menurut dia capaian tersebut tentunya harus diiringi dengan hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari jaminan BPJS JKN.(BR1)