Lewat ‘Sidarling’, Pemkot Data Warga Tak Mampu Untuk Terima Bantuan

Lewat ‘Sidarling’, Pemkot Data Warga Tak Mampu Untuk Terima Bantuan

Bengkulu,Beritarafflesia.Com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Sosial (Dinsos) terus membantu warga tak mampu (miskin) di Kota Bengkulu.

Berbagai intervensi/program dilakukan Dinsos untuk membahagiakan masyarakat, tak terkecuali lansia dan janda miskin yang tersebar di setiap sudut Kota Bengkulu.

Para lansia, janda dan warga miskin lainnya didaftarkan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk memperoleh bantuan sosial setiap bulannya dari pemerintah.

Baca Juga  Pemkot Aspal Jalan Jembatan Penghubung Rawa Makmur dan Kampung Kelawi

Kemudian, Dinsos juga melakukan layanan jemput bola dengan mengunjungi rumah warga sebagai wujud validasi ke masyarakat kurang mampu agar tepat sasaran melalui program Sistem Pemutakhiran Data Kesejahteraan Sosial Keliling (Sidarling).

Dikatakan Kepala Dinsos Kota Bengkulu Sahat Marulitua Situmorang. Program Sidarling dapat menjangkau masyarakat lebih luas dengan adanya pergerakan para petugas ke lokasi tempat tinggal maupun tempat kerja masyarakat.

Baca Juga  KNPI Bengkulu Hadiri Acara Pelantikan Pengurus IKTD Provinsi Bengkulu

Dengan adanya program tersebut, Dinsos dapat memvalidasi data warga miskin yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Kita lakukan kunjungan ke rumah warga yang memenuhi kriteria tidak mampu, namun belum terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Belum mendapatkan bantuan sosial,” ujar Sahat.

Lanjut Sahat, selama program Sidarling berjalan, Dinsos telah mencatat ratusan kepala keluarga kurang mampu berhak mendapatkan perhatian pemerintah, dan pihaknya langsung menyalurkan bantuan berupa beras.

Baca Juga  Kawasan Perkantoran Pemkot Bengkulu Direncanakan Pindah

Untuk itu, pihaknya terus melakukan pemantauan secara berkala untuk memastikan masyarakat yang masuk dalam DTKS merupakan warga yang berhak mendapatkan bantuan.

“Setiap warga yang menerima bansos wajib memenuhi kriteria. Untuk itu program Sidarling menjadi salah satu upaya Dinsos memastikan bantuan tersebut tepat sasaran,” tutupnya.(Br1)

Share