Ratusan Nelayan di Kota Bengkulu Terima Kartu KUSUKA

Ratusan Nelayan di Kota Bengkulu Terima Kartu KUSUKA

Bengkulu,Beritarafflesia.Com- – Sebanyak 446 nelayan di Kota Bengkulu telah menerima Kartu Pelaku Usaha Sektor Kelautan dan Perikanan (KUSUKA) dari 2.920 orang nelayan yang telah diusulkan program KUSUKA.

Adapun baru beberapa nelayan yang menerima disebabkan karena Kuota dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia sangat terbatas.

Pencetakan kartu Kusuka pihak KKP yang melaksanakan bukan dari daerah, dan daerah hanya mengusulkan. Sedangkan yang mengambil keputusan adalah pihak pusat.

Baca Juga  Walikota Bengkulu, Inginkan  Setiap Kelurahan Miliki Bank Sampah

Dalam arti, pemerintah daerah hanya memfasilitasi saja. Harapannya kedepan kuota untuk mencetak kartu Kusuka bisa bertambah sebab masih banyak yang belum di cetak.

“Kami hanya memfasilitasi namun di fase berikutnya kami juga akan mendorong untuk pencetakan kartu dibuat dengan jumlah yang banyak,” ujar Kepala DKP Tarzan Naidi, Rabu (26/6/2026).

Meskipun begitu, kata Tarzan, walau belum dicetak mereka yang sudah terdaftar sudah menjadi anggota dan dapat mencetak kartu sementara.

Baca Juga  DPRD Kota Dorong Pemkot Ajukan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah

Lebih lanjut, kegunaan kartu Kusuka sendiri sangat beragam mulai dari tempat menyimpan uang hingga kartu tanda anggota Pengusaha bidang perikan dan kelautan.

Adapun kartu ini berfungsi membackup data seluruh nelayan di Indonesia satu pintu yakni melalui Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) dan dilanjutkan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan dengan tujuan agar dalam menjalankan kebijakan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan bagi pelaku usaha perikanan dan kelautan.

Baca Juga  Sebanyak 24 Halte BRT Trans Rafflesia Kota Bengkulu Tak Terawat

Kemudian, KUSUKA ini juga membantu mempermudah nelayan untuk mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN).

Terakhir, ia berharap melalui program KUSUKA ini dapat memberikan perlindungan dan pemberdayaan bagi pelaku usaha perikanan di kota Bengkulu dalam menciptakan efektivitas, sehingga program Kementerian Kelautan dan Perikanan bisa tepat sasaran.(Br1)

Share