Diknas Kota Bengkulu Gunakan Satelit Untuk Masalah Zonasi PPDB 2024

Diknas Kota Bengkulu Gunakan Satelit Untuk Masalah Zonasi PPDB 2024

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu akan menggunakan teknologi satelit untuk mengecek jarak antara sekolah dan tempat tinggal calon siswa pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024. Langkah ini diambil untuk memastikan keakuratan data zonasi serta menghindari masalah ketidakakuratan yang pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Rabu (19/6/2024) 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Gunawan, menjelaskan bahwa inovasi ini merupakan bagian dari persiapan yang lebih baik untuk mencegah kericuhan terkait sistem zonasi. “Untuk mencegah kerusuhan, terutama terkait sistem zonasi, persiapan tahun ini dilakukan lebih ketat, dan solusi inovatif menggunakan satelit dilakukan guna meningkatkan kualitas pelaksanaan PPDB,” ujar Gunawan. 

Baca Juga  Dikbud Kota Bengkulu Dorong Seluruh Sekolah Terapkan Budaya Kantin Sehat

Selama proses PPDB, Gunawan menegaskan pihaknya akan terus melakukan pengawasan ketat untuk memastikan tidak terjadi kecurangan. “Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa tidak bakal ada kegiatan pungutan liar atau pungli saat dibukanya Pendaftaran PPDB. Untuk itu, kami juga menjalin kerjasama dengan beberapa instansi guna melakukan pengawasan,” tambahnya. 

Baca Juga  Disdikbud Bengkulu: Program P5 Terus dilanjutkan di SD dan SMP

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 akan dimulai pada 24 Juni 2024, dengan pengumuman hasil yang dijadwalkan pada 28 Juni 2024. Dalam pengecekan jarak zonasi diharapkan dapat memberikan kepastian dan keadilan bagi semua calon siswa dan orang tua dalam proses seleksi. 

Baca Juga  Dikbud Kota Bengkulu Telah Salurkan Dana BOS Tahap Pertama Ke 167 Sekolah

Pelaksanaan PPDB yang transparan dan adil merupakan kunci untuk memastikan bahwa setiap anak mendapatkan kesempatan yang sama dalam mengakses pendidikan. Dengan berbagai persiapan yang dilakukan Diknas Kota Bengkulu, diharapkan pelaksanaan PPDB tahun ini dapat berjalan lebih baik dan bebas dari masalah-masalah yang sering terjadi di masa lalu.(BR1)

Share