Kadis PUPR Seluma Minta Kades Waspada Penipuan, ‘Jangan Ditanggapi’

Kadis PUPR Seluma Minta Kades Waspada Penipuan, ‘Jangan Ditanggapi’

Seluma,Beritarafflesia.Com-Kasus penipuan yang dilakukan orang tak dikenal (OTD)  kerap terjadi di wilayah Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu ini. Dengan berbagai modus, dilakukan. Modus kecelakan, modus bantuan rumah ibadah dan lainnya. Terbaru, pencatutan nama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Seluma.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Seluma, Muhammad Saipullah, SE ST menghimbau  seluruh Pemerintah desa (Pemdes). Untuk dapat selalu waspada dengan adanya penipuan yang mengatasnamakan dirinya. Dengan modus adanya bantuan dari Kementerian.

“Iya, itu penipuan. Saya juga telah informasi dan dihubungi oleh Kepala desa (Kades) terkait adanya nomor WhatsApp (WA) yang mengatasnamakan saya itu. Kita telah menghimbau kepada pemerintah desa untuk waspada dan jangan ditanggapi jika ada yang menghubungi mengatasnamakan saya,” terang Saipullah saat dikonfirmasi Radar Seluma.

Baca Juga  Program Pemutihan Pajak di Bengkulu Berakhir, Rp429 Miliar Masuk ke Kas Daerah

Dikatakannya, jika tak hanya Sekretaris desa (Sekdes) Karang Anyar, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) saja yang telah dihubungi oleh oknum penipu tersebut. Melainkan, Kepala Desa Pandan dan beberapa desa lainnya juga sempat dihubungi oleh nomor WhatsApp yang mengatasnamakan dirinya. Yakni dengan modus yang sama.

Modus oknum penipu tersebut menghubungi perangkat-perangkat desa dan kepala desa. Dengan modus jika ada bantuan dari Kementerian yang diperuntukkan ke desa-desa. Walaupun oknum penipu tersebut belum mengiming-imingi para korban untuk meminta sejumlah uang.

“Ada juga kepala desa yang dihubungi dan diajak ketemuan pada hari libur. Kan gak masuk akal,” tegasnya.

Dirinya juga menerangkan, jika kalau memang ada bantuan untuk desa. Setidaknya bantuan dari Kementerian tersebut terstruktur jelas. Terlebih lagi jika bantuan tersebut merupakan bantuan dari Kementerian.

Baca Juga  Anggota DPRD Provinsi Irwan Eriadi: Pupuk Langka Dan Sawit Mahal Pengaruhi Kelangkaan Migor

Dengan adanya kejadian tersebut, pihaknya (PUPR Kabupaten Seluma) saat ini telah memberitahu kepada seluruh desa-desa untuk selalu waspada. Bahkan kepada seluruh pemerintah desa untuk tidak menanggapinya.

Seperti salah satunya yang sempat menimpa perangkat Desa Karang Anyar, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) Kabupaten Seluma. Sempat mendapatkan telpon dari nomor yang tak dikenal (Nomor Baru) yang mengatasnamakan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Seluma.

“Nomor ini menghubungi, mengatasnamakan Kasus PUPR sanak. Mengatakan mau ngasih bantuan bangunan, katanya Bantuan dari Kementrian sanak,” sampai Fahren yang diketahui merupakan Sekdes Karang Anyar kepada Radar Seluma.

Diceritakan Nya, jika awalnya dirinya mendapatkan telpon dari nomor yang tak dikenal (Nomor baru) yang mengatasnamakan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Seluma. Oknum yang mengatasnamakan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Seluma tersebut menawarkan proyeksi untuk desa-desa. Yakni proyek bantuan untuk pembangunan desa.

Baca Juga  Inspektorat: LHKPN Provinsi Bengkulu Belum Capai 50 Persen

Yakni, bantuan keperluan pembangunan  yang diperuntukkan untuk desa-desa. Dengan anggaran dari Kementerian sebesar Rp 400 juta. Oknum tersebut membujuk dengan meminta untuk mengisi formulir.

“Masa pak kadis langsung nelfon menawarkan proyek. Saya sudah curiga, sehingga tidak saya hiraukan dan saya kerjain,” terangnya.

Tak hanya itu saja, selain meminta untuk mengisi formulir. Oknum tersebut juga meminta nomor kepala desa (Kades-kades). Dengan alasan oknum tersebut ingin berkomunikasi dengan kades-kades. Sehingga desa-desa di Kabupaten Seluma nantinya juga dapat mendapatkan bantuan dari Kementerian.

“Iya, ada dia meminta untuk mengisi formulir dan meminta nomor kades-kades. Tetapi tidak saya kasih,” pungkasnya.(Br1)adv

Share