Momen Idul Adha, Bupati Kaur Ajak Umat Islam Meningkatkan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

Momen Idul Adha, Bupati Kaur Ajak Umat Islam Meningkatkan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

Kaur,Beritarafflesia.Com-Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur melaksanakan shalat Idul Adha 1445 H  di Lapangan Merdeka Kota Bintuhan, Senin, 17 Juni 2024. 

Shalat Idul Adha 1445 H ini, bertugas sebagai khatib, imam muda Masjid Baitul Izzah  Kota Bengkulu, ustaz H.Aksi Dianto,S Pd dan sebagai Imam, Ustaz Bahrul Mubin. Acara ini  dihadiri Bupati Kaur H.Lismidianto S,H.M,H.,Sekda Kaur, DR.Drs.Ersan Syahfiri MM,Forkopimda, Asisten Setda Kaur, Staf Ahli dan Kepala OPD serta masyarakat Kota Bintuhan, Kecamatan Kaur Selatan. 

Bupati Lismidianto  menyampaikan, hari raya Idul Adha merupakan hari raya agama Islam yang didalamnya menyimpan peristiwa yang diabadikan dalam sebuah ritual ibadah. Yaitu ibadah haji dan kurban.

Baca Juga  Satgas Covid-19 Diminta Tingkatkan Kinerja

Kedua ibadah ini mengandung nilai keteguhan dan keimanan dan menjadi bukti pengorbanan yang didasari dengan penuh keikhlasan.   

“Mari kita saling mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk bersama-sama memanfaatkan momentum Hari Raya Idul Adha ini sebagai langkah saling menghargai, menghormati, dan saling tolong menolong dan juga untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, seperti yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS,” sampainya.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kaur untuk saling mempererat rasa persaudaraan, mengobarkan semangat berkurban penuh dengan kesabaran. Jika dalam Hari Raya Idul Fitri kita berbagi dengan orang lain, membayar zakat, maka di hari raya Idul Adha ini kita gembirakan hati orang lain dengan ibadah membagikan daging kurban.      

Baca Juga  Diduga Depresi, Nekat Akhiri Hidup Gantung Diri

“Selamat merayakan hari raya Idul Adha 1445 H, semoga Allah Swt selalu membimbing kita dalam mewujudkan Kabupaten Kaur yang bersih, sejahtera, energik dan religius (Berseri),” ujarnya. 

Ditambahkannya, atas nama pribadi, keluarga dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kaur menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin kepada seluruh lapisan masyarakat. Dengan harapan, semuanya dapat memiliki kepekaan sosial untuk saling berbagi dan mampu memberikan manfaat bagi orang lain. 

Sementara itu, ustaz H. Aksi Dianto,S Pd pada khutbahnya menyampaikan, hari raya Idul Adha 1445 H kita mengingat sejarah perjuangan Nabi Ibrahim AS dan keluarganya dalam menjalankan perintah Allah SWT dengan penuh pengurbanan, kesabaran dan keikhlasan sampai pada pengurbanan anak kandungnya Nabi Ismail AS yang akhirnya digantikan dengan seekor domba. 

Baca Juga  Kapolres Kaur Ajak Masyarakat Awasi Penyaluran Bansos

“Hari raya Idul Adha merupakan hari berkurban, agar kita senantiasa mengorbankan sifat yang ada menempel pada diri kita dengan menjauhkan sifat iri, dengki, tamak dan rakus agar kita selalu merasa bahwa kita hanyalah seorang hamba  yang hanya menjalankan tugas dan perintah dari Allah SWT,”tuturnya.

Ia mengungkapkan, betapa mulianya hari raya Idul Adha 1445 H apabila dijalankan dengan penuh ikhlas dan sabar. Dimana hari raya terdapat waktu-waktu yang mustajab jika kita ikhlas dan penuh harapan berdoa memohon kebaikan-kebaikan dunia dan keselamatan akhirat. 

“Banyak hikmah yang bisa kita ambil pelajaran pada hari raya kurban dengan ikhlas dan sabar tentu akan bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.” (BR1)

Share