Bupati Bengkulu Selatan Kunjungan Ke Mentan RI, Bahas Tindak Lanjut Permohonan Food Estate

Beritarafflesia.comBupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi beserta pejabat Dinas Pertanian mengunjungi Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo, Senin (18/04/22).

Kunjungan ini dalam rangka tindak lanjut permohonan Food Estate di sektor pertanian yang disampaikan beberapa waktu lalu oleh pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan.

Dalam kunjungan kedua kalinya, Bupati Gusnan Mulyadi, didampingi Plt Kadistan BS dan Pejabat penting lainnya pada Dinas Pertanian BS ini disambut baik, bahkan Yasin Limpo mengatakan bahwa kunjungan ini adalah kunjungan final yang ditandai dengan diresponnya permohonan yang disampaikan beberapa waktu lalu itu.

“Menteri sangat merespon positif kunjungan kita yang ke dua ini. Terkait permohonan pengembangan Food Estate di sektor pertanian, bapak Syahrul Yasin Limpo mendukung penuh dan bahkan beliau mengatakan kunjungan kedua ini adalah kunjungan final. Dan juga bahkan saking merespon program yang kita sampaikan, beliau akan membentuk satgas langsung untuk menangani di sektor pertanian secara terpadu,” ungkap Gusnan Mulyadi.

Baca Juga  84 Kelompok Tani Bengkulu Selatan Dapat Bantuan Pompa Air,ini Pesan Bupati Gusnan Mulyadi 

Pada program pertanian di bidang persawahan, pemerintah Bengkulu Selatan telah menyiapkan seluas 2000 Hektare lahan persawahan dalam program Makmur yang bekerja sama dengan kementerian pertanian dan PT Pusri Palembang. Pada program ini Menteri Pertanian bersedia membantu beberapa unit Alsintan sesuai kebutuhan yang ada.

Baca Juga  Gubernur Rohidin Apresiasi, 2022 Bank Bengkulu Berhasil Bukukan Laba Bersih Senilai Rp. 114,2 Miliar

Namun, Gusnan Mulyadi mengatakan pada program padi sawah ini, Bengkulu Selatan masih lemah terhadap hilirisasi gabah padi yang masih dijual ke Lampung, sehingga diharapkan bantuan seperti RMU untuk mengelola serta menampung hasil panen padi sawah.

Untuk di bidang perkebunan jagung, peluang masih terbuka lebar untuk Bengkulu Selatan, sehingga Menteri juga apresiasi dan men-support penuh pada program ini.

“Khusus program ternak 1000 sapi menteri cukup mensupport. Untuk program Replanting beliau sangat mendukung berapa pun kebutuhan masyarakat. Pada program tambahan, menteri meminta agar Bengkulu Selatan mencoba menanam kedelai. Karena kedelai indonesia masih di import dari luar,” jelas Gusnan.

Baca Juga  Anggota Dewan Provinsi Bengkulu Bang USin,Apresiasi Langka Proaktif Pemda Dalam Menjaga Stabilitas Harga TBS Kelapa Sawit

Gusnan menyebut bahwa pada program ini bukanlah bantuan gratis seperti yang diharapkan oleh masyarakat, ini merupakan program Food Estate pertanian terpadu guna untuk meningkatkan hasil pertanian bagi masyarakat.

Kepada masyarakat Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi menghimbau agar masyarakat petani tidak selalu bergantung dengan bantuan – bantuan seperti bibit gratis saja.

Pertemuan dengan Menteri Yasin Limpo ini di support penuh oleh Anggota DPR RI, Ade Irma Suryani Chaniago dari dapil Palembang.

“Kepada Ade Irma Suryani kami ucapkan banyak terimakasih atas bantuan dan supportnya,” tutup Gusnan Mulyadi. (Adv)

Share

Tinggalkan Balasan